Laman

Total Tayangan Halaman

Senin, 15 Februari 2010

Beasiswa Microsoft University

Beasiswa Microsoft University


Kami akan membuat lebih mudah untuk komputer masa depan para ilmuwan untuk unggul dalam apa yang mereka sukai. Sebuah Microsoft beasiswa memberikan keuntungan sehingga Anda dapat melanjutkan studi di ilmu komputer dan disiplin ilmu teknis terkait. Anda akan bergabung dengan penerima beasiswa lainnya dari Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang berbagi semangat untuk perangkat lunak dan prestasi akademis. Semua menambahkan hingga mencapai tujuan utama Anda untuk membuat perbedaan nyata dalam industri perangkat lunak.

Microsoft menawarkan empat jenis beasiswa teknis untuk tahun akademik 2010-2011 untuk mahasiswa tingkat sarjana sekarang: Umum Beasiswa, Women's Beasiswa, Beasiswa minoritas, dan Beasiswa untuk Siswa Penyandang Cacat.

Persyaratan
Dasar
Jika Anda tertarik untuk mendaftar untuk tahun akademik 2010-2011 beasiswa, pastikan Anda cap pos permohonan Anda dengan 1 Februari 2010 agar aplikasi Anda dipertimbangkan. Microsoft memilih kandidat terakhir berdasarkan kriteria sebagai berikut:

* Eligibility
* Kualitas aplikasi
* Tampilkan minat pada industri perangkat lunak
* Komitmen terhadap kepemimpinan
* Keuangan perlu


Silakan cek e-mail Anda pada tanggal 19 Maret 2010, hari kami memberitahu semua penerima beasiswa dihargai. Kami akan berusaha untuk menghubungi semua pemohon tentang status mereka, namun perlu diketahui bahwa karena tingginya jumlah pemohon beasiswa, kita mungkin hanya dapat menghubungi kandidat yang diberikan beasiswa.

Keragaman di Microsoft
Kami mendorong populasi mahasiswa saat ini kurang terwakili dalam bidang ilmu komputer untuk mengejar derajat teknis. Semua kandidat yang memenuhi kriteria kelayakan yang dijelaskan di bawah ini mungkin pasti berlaku, sementara kita lakukan penghargaan sebagian besar mahasiswa kita beasiswa kepada perempuan, kaum minoritas, dan penyandang cacat. Minoritas pelamar harus termasuk salah satu kelompok berikut terwakili di bidang perangkat lunak: Afrika-Amerika, Hispanik, atau penduduk asli Amerika.

Ketentuan
Sebagai salah satu penerima beasiswa kami, Anda akan menikmati keuntungan selama satu tahun akademik. Anda mungkin menerima baik penuh atau sebagian beasiswa untuk tahun ajaran 2010-2011. Penuh uang sekolah beasiswa akan menutupi biaya kuliah untuk tahun akademik 2010-2011 sebagai diposting oleh kantor bantuan keuangan di perguruan tinggi atau universitas Anda. Microsoft akan melakukan pembayaran ke sekolah yang ditunjuk, dan mereka tidak dapat dialihkan kepada lembaga-lembaga akademik lain. Anda dapat menggunakan dana untuk pendidikan hanya-biaya lain yang tidak tercantum pada tagihan bendaharawan, seperti kamar dan makan.

Anda juga harus mengajukan permohonan untuk magang musim panas dan jika menawarkan program magang, Anda harus menyelesaikan gaji magang musim panas dari 12 minggu atau lebih di Microsoft Corporation di Redmond, Washington. (Microsoft berhak untuk tidak menawarkan posisi magang pemenang beasiswa jika pertandingan yang sesuai tidak dapat ditemukan.)

Reverencie:
https://careers.microsoft.com/careers/en/us/collegescholarship.aspx#none

Beasiswa Malaysia

http://www.shell.com/home/Framework?siteId=my-en&FC2=/my-en/html/iwgen/leftnavs/zzz_lhn6_4_3.html&FC3=/my-en/tailored/careers_recruitment/jobs_careers/students_graduates/students_scholarship/whats_it_all_about/dir_pda_whatitsabout_ga_22122006.html

Beasiswa malaysia
Mahasiswa yang telah menyelesaikan SPM / O-Level, STPM / A-Level / Yayasan Tahun / Diploma atau sedang dalam semester terakhir mereka Matrikulasi studi atau di Universitas (IPTA / IPTS) yang memenuhi kriteria berikut memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan Shell Malaysia Scholarship Awards:
* Excellent prestasi akademik dengan penekanan dalam bahasa Inggris
* Peragaan keterampilan kepemimpinan melalui partisipasi aktif dalam kegiatan ekstra-kurikuler. e.g. masyarakat dan klub, olahraga, dll
* Catatan akademik yang kuat dan realistis harapan yang tinggi atau yang setara CGPA
Disiplin ilmu yang dipilih untuk beasiswa meliputi:
* Engineering (Petroleum, Chemical, Electrical and Mechanical)
* Sciences (Geosciences, Kimia dan Fisika)
* Bisnis Administrasi / Ekonomi
* Finance & Accounting
* TI (termasuk Bisnis / Manajemen TI)
Master of Science (MSc) di Geosciences
Calon harus dimiliki Gelar Prestasi yang baik atau setara dalam bidang yang relevan dari universitas yang diakui.
Bahasa Persyaratan
Pemohon yang merupakan warga negara Malaysia harus memiliki kredit dalam Bahasa Melayu di Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) tingkat atau kualifikasi yang setara. Mahasiswa asing dan lokal wajib memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik lisan dan tulisan oleh rapat satu persyaratan sebagai berikut:
* Minimum TOEFL 550 ATAU
* Minimum IELTS 6,0 ATAU
* Minimum skor ELTS Band-6 ATAU
* Minimum skor MUET Band-4.
Pelamar yang penutur asli bahasa Inggris atau memegang gelar dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dapat dibebaskan dari persyaratan ini.
Beasiswa Informasi lebih lanjut dan Aplikasi
Further Scholarship Information and Application
Tags: Malaysia, Malaysian




Read more: http://scholarship-positions.com/shell-scholarships-for-malaysian-students/2010/02/15/?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+ScholarshipPositions+%28International+Scholarships+and+Financial+Aid+Positions%29&utm_content=Yahoo%21+Mail#ixzz0ffKWgzHR

Kamis, 11 Februari 2010

ORMAS NASIONAL DEMOKRAT

Nasional Demokrat
ANTARA

Jakarta, (tvOne)

Inisiator terbentuknya Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Nasional Demokrat, Surya Paloh, menyatakan, ormas itu tidak dipersiapkan untuk menjadi partai politik (parpol), tetapi lebih kepada kegiatan sosial untuk perubahan. "Pemikiran kami tidak sampai ke sana (menjadi parpol.red). Untuk mendirikan parpol itu mudah, sambil `ngopi` juga bisa. Tetapi Nasional Demokrat lain," kata Surya Paloh yang juga mantan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, didampingi tokoh Golkar lainnya, Sri Sultan Hamengkubuwono X, usai acara deklarasi di Istora Senayan Jakarta, Senin (1/2) petang.

Surya Paloh mengemukakan, Nasional Demokrat akan lebih fokus kepada perubahan di masyarakat untuk menghadapi masa depan. Nasional Demokrat akan menghimpun semangat seperti semangat yang pernah ditunjukkan semua lapisan masyarakat saat berlangsung Ganefo akhir tahun 1962. Selain di tingkat pusat, Nasional Demokrat akan dibentuk di daerah, bahkan hingga desa. Selain ada program nasional, juga ada program lokal yang dilaksanakan berdasarkan kondisi daerah.

Surya Paloh dalam pidato deklarasi Nasional Demokrat menyatakan, 47 tahun lalu Bung Karno meresmikan Ganefo di Istora Senayan sebagai reaksi atas dikeluarkannya Indonesia dari Komite Olimpiade International karena dianggap telah mencampuradukan politik dengan olah raga. Tetapi dalam pandangan Bung Karno, olah raga adalah bagian dari strategi perjuangan politik. Waktu itu, indonesia penuh dengan semangat nasionalisme dan kebangsaan yang luar biasa. "Kita kembali diingatkan ketika Bung Karno juga berpidato di Sidang Umum PBB yang mengajak agar kita membangun dunia baru yang penuh perdamaian dan kesejahteraan," katanya.

Surya Paloh mengemukakan, dalam pidato yang dikenal dengan "to build the world a new", Bung Karno minta Indonesia bebas dari penjajahan dan eksploitasi negara atas negara serta eksploitasi manusia atas manusia. "Bung Karno membangkitkan semangat di berbagai tempat. Semua masyarakat terpanggil dan yakin bahwa di tangan Bung Karno, bangsa ini patut dihargai di seluruh dunia," katanya.

Surya juga menjelaskan, Nasional Demokrat merupakan wadah untuk menghimpun seluruh potensi yang menyatukan semangat dan harapan yang sama dalam mengisi kemerdekaan. "Kalau Bung Karno datang dengan semangat perlawanan kepada ketidakadilan, mengapa kita yang memiliki keunggulan lebih baik, tidak punya semangat untuk melakukan perlawanan," kata Surya.

Surya menyatakan, hal-hal yang paradok terjadi dalam kehidupan di masyarakat. "Kita masih tertinggal jauh. tentu hal itu tidak memberi rasa optimis. 13 tahun memasuki reformasi, belum ada harapan, tetapi apa yang terjadi. Fakta yang ada, kita belum memperoleh adanya rasa keadilan, kenyamanan, kesejahteraan yang jauh lebih baik," katanya.

Surya mengemukakan, selama 13 tahun reformasi belum mampu mewujudkan cita-cita yang diharapkan. "Kita terjebak pada perbedaan, kita semakin egois, kita tidak mampu menunjukkan rasa kesetiakawanan dan tidak mampu menguatkan kebersamaan. Kita tidak memiliki kepercayaan diri yang kokoh dan kuat serta tidak mampu menempatkan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi," katanya. Akibatnya, kata Surya, masyarakat yang miskin tetap miskin dan yang kaya tetap kaya. "Yang bodoh tetap bodoh," katanya. Menurut kedua inisiator, Nasional Demokrat akan menempatkan kehadirannya untuk meringankan beban masyarakat, bukan menambah beban masyarakat.(ANT)
mr
Bookmark and Share

Bahasa Bisnis (Formal)

Macam-macam Penggunaan Bahasa Bisnis adalah sebagai berikut:
1,Telepon atau konferensi / video calling
Percakapan telepon biasa biasanya satu-ke-satu. Lebih sering, ini terjadi ketika sebuah hubungan kerja yang telah ditetapkan, sehingga nada komunikasi ini dapat sedikit lebih informal atau akrab. Anda akan belajar lebih banyak tentang perbedaan antara formal dan informal cara alamat nanti dalam kursus ini.

Ada pengecualian tentu saja. Jika Anda menelepon klien baru atau kontak bisnis, seseorang Anda tidak akrab dengan atau jika Anda "dingin panggilan" (yang berarti memanggil seseorang yang Anda tidak tahu), maka penting untuk tetap formal dalam pendekatan Anda, dan tidak dapat over-akrab.

Sebagai tambahan, jika Anda berpartisipasi dalam konferensi atau panggilan video dengan lebih dari satu orang, penting untuk tetap resmi dan formal. Situasi ini sering terjadi, bukan rapat, dan harus diperlakukan dengan rasa yang sama formalitas sebagai rapat.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa telepon, atau konferensi dan panggilan video berlangsung secara real time. Pertukaran informasi dalam situasi seperti ini sering memerlukan konfirmasi atau tindak lanjut dalam bentuk email, fax, hubungi laporan / menit atau lebih formal surat dan kontrak. Anda akan belajar lebih lanjut tentang kursus ini sebagai kemajuan.

2.Memo dan faks
Memo (singkatan untuk memorandum), biasanya komunikasi internal. Ini berarti bahwa mereka informasi bagi staf perusahaan di mana Anda bekerja. Mereka biasanya pesan singkat, staf menginformasikan tentang pertemuan yang akan datang, kebijakan perusahaan baru, janji baru atau bisnis baru bahwa perusahaan yang terlibat masuk

Demikian pula, faks adalah bentuk komunikasi pendek baik antara lokasi yang berbeda dari satu perusahaan atau dialamatkan kepada organisasi lain. Mereka harus mengambil bentuk surat singkat. Semakin, faks sedang digantikan oleh email.

3.Agenda dan menit / kontak laporan
Agenda dan menit, atau laporan hubungi potongan komunikasi yang dirancang untuk mempersiapkan dan kemudian catatan pertemuan dan rincian panggilan konferensi.

Agenda ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pertemuan mencakup semua poin yang ingin membicarakan peserta, dan untuk memastikan bahwa poin diskusi yang diperlukan semua ditangani dalam waktu yang dijadwalkan untuk pertemuan. Agenda termasuk daftar orang-orang yang menghadiri pertemuan, apa yang akan dibahas, dan siapa yang akan memimpin masing-masing titik diskusi pada pertemuan. Mereka yang beredar di muka kepada orang-orang yang diundang ke pertemuan. Masing-masing dapat menyarankan hal-hal yang mereka ingin menambah agenda, dan versi terakhir ini kemudian dibagikan kepada peserta sehingga mereka tahu apa yang mereka butuhkan untuk mempersiapkan pertemuan.

Menit, atau hubungi laporan (bentuk lain dari menit), catatan diskusi yang terjadi dalam rapat. Biasanya mereka mengikuti berlari-urutan agenda. Mereka adalah alat penting untuk mencatat apa yang telah dibicarakan dan disepakati dalam rapat, yang bertanggung jawab untuk tindakan-tindakan yang timbul sebagai hasil dari diskusi ini dan tenggat waktu untuk tindakan-tindakan yang telah disepakati.

Tidak ada format yang tepat untuk menetapkan agenda dan menit, tetapi ada unsur-unsur tertentu yang harus muncul. Anda akan belajar lebih banyak tentang bagaimana menulis dokumen-dokumen tersebut dalam minggu-minggu mendatang.

4.Email
Email dapat menjadi bentuk yang paling menantang komunikasi karena mereka dapat baik formal maupun informal, untuk komunikasi internal dan eksternal (dalam perusahaan Anda atau ditujukan kepada orang-orang di luar perusahaan Anda.)

Beberapa email yang langsung beroperasi dengan panggilan telepon, dan memberikan tanggapan informal pendek dalam pertukaran informasi singkat. Lain menggantikan surat, kontrak, siaran pers dan lain-lain dan memerlukan formalitas, ketepatan dan hati-hati penyusunan.

Untuk setiap email yang Anda tulis, Anda harus tahu siapa yang akan membaca dan Anda harus memutuskan cara yang tepat dan formal itu harus. Hal ini tergantung pada fungsi dari setiap email - apa itu berusaha untuk berkomunikasi dan kepada siapa - seperti yang akan Anda lihat dalam unit yang akan datang.

5.Surat dan kontrak
Surat dan kontrak seringkali yang paling formal sarana komunikasi bisnis, dan yang paling tradisional.

Keduanya justru dimaksudkan untuk menyatakan rincian keputusan bisnis yang telah dibuat atau rincian penyelidikan bisnis. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan seorang anggota staf baru, kandidat yang sukses akan menerima surat yang secara resmi menegaskan tawaran pekerjaan, dan akan menjelaskan secara singkat jabatan, peran dan tanggung jawab pekerjaan, membayar dan manfaat bahwa perusahaan akan menyediakan dan jam kerja. Demikian pula, jika sebuah perusahaan memutuskan untuk bekerja dengan perusahaan lain dan menggunakan layanan mereka, surat ini digunakan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Sebuah kontrak adalah sebuah dokumen hukum yang memuat informasi ini secara rinci. Dengan menyetujui detail dalam kontrak, individu dan perusahaan setuju dengan persyaratan dan ketentuan dalam kontrak dan bertindak sebagai konfirmasi dari hubungan kerja, dan bagaimana hubungan itu dimaksudkan untuk beroperasi.

Surat juga dapat digunakan sebagai bisnis formal undangan. Calon untuk posisi kosong mungkin secara formal diundang untuk menghadiri wawancara, dan surat (dikirim baik melalui pos atau email) dapat digunakan untuk menjelaskan kapan dan di mana kandidat harus pergi, siapa yang mereka akan bertemu dan apa yang mereka mungkin diharapkan untuk melakukan sebagai bagian dari proses wawancara. Demikian pula, perusahaan mengirimkan undangan ke perusahaan lain untuk melakukan tender untuk bisnis, yang berarti bahwa sejumlah perusahaan yang diundang untuk mengajukan proposal yang menyediakan layanan mereka. Ini kadang-kadang disebut RFP, yang merupakan kependekan dari "Request for Proposal."

6.Laporan dan kertas-kertas putih
Laporan dan kertas putih adalah potongan-potongan komunikasi yang paling sangat mirip komunikasi akademik.

Banyak perusahaan diwajibkan untuk menerbitkan laporan secara berkala (setiap tiga, enam atau dua belas bulan) untuk menunjukkan kepada investor, stakeholder dan masyarakat bagaimana kinerja perusahaan. Hal ini dapat mencakup informasi keuangan, informasi tentang merger dan akuisisi (yang berarti apakah perusahaan telah bergabung dengan perusahaan lain - merger, atau apa perusahaan telah membeli - akuisisi - yang bisa berarti telah dibeli perusahaan lain, atau telah membeli pabrik baru, misalnya).

Sering ada aturan ketat tentang laporan apa yang harus menunjukkan dan bagaimana mereka harus menampilkan informasi. Sebagai contoh, departemen pemerintah memerlukan rincian yang tepat tentang perusahaan pengeluaran dan pendapatan untuk menetapkan berapa banyak pajak setiap perusahaan harus membayar.

Kertas putih sering dokumen penelitian yang berwibawa laporan atau panduan tentang topik tertentu, atau yang membuat proposal baru mengenai isu industri. Tujuan dari kertas putih adalah untuk menunjukkan bahwa sebuah perusahaan akan memimpin jalan dalam industri dan dirancang untuk menunjukkan bahwa sebuah perusahaan adalah pakar dalam bidangnya. Ini adalah cara yang baik untuk menarik klien baru, terutama sebagai klien potensial dapat menemukan kertas putih perusahaan secara online di situs, ketika mereka sedang mencari organisasi yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis, atau ketika mereka mencari produk dan layanan tertentu.

Kertas putih harus menunjukkan perusahaan pengetahuan dan kepercayaan dalam bidang pilihan, jadi seperti esai akademis, mereka harus teliti dan harus menunjukkan tingkat penelitian dan penggunaan sumber-sumber / referensi yang Anda temukan dalam esai akademis dan penelitian.

7.Siaran pers dan pernyataan
Siaran pers adalah potongan informasi bahwa sebuah perusahaan mengumumkan kepada media (koran, radio, televisi dan berita online, majalah dan internet situs berita).

* Semua jenis pengumuman yang dibuat menggunakan press release, seperti:
* Penunjukan Chief Executive baru
* The merger antara satu perusahaan dengan yang lain
* Peluncuran produk baru atau jasa
* Kemitraan bisnis baru
* The perolehan atau penutupan fasilitas produksi, seperti pabrik
* Penunjukan atau penumpangan-off tenaga kerja
* Baru kebijakan perusahaan

Ini hanya beberapa contoh dari banyak hal yang mengumumkan siaran pers. Ada banyak lagi.

Siaran pers harus menggabungkan ketepatan komunikasi formal dengan singkat dan dampaknya, karena mereka sering dikirim ke wartawan dan editor yang harus memutuskan apakah pengumuman cukup menarik dan relevan yang akan diterbitkan sebagai berita. Siaran pers adalah cara perusahaan membuat diri mereka lebih terlihat untuk umum dan kepada orang lain dalam industri mereka, karena jika mereka berhasil mendapatkan berita perusahaan diterbitkan, sejumlah besar orang akan membaca tentang mereka.

Pernyataan komentar lebih pendek dirilis oleh perusahaan untuk penggunaan wartawan. Mereka sering tanggapan baik dan berita buruk. Kadang-kadang perlu bagi perusahaan untuk menjelaskan kepada publik ketika sebuah isu telah terjadi dan bagaimana masalah telah dipecahkan. Hal ini dikenal sebagai krisis dan isu-isu manajemen. Seperti siaran pers, mereka harus tepat dan singkat.

Banyak perusahaan besar publisitas mereka sendiri atau hubungan masyarakat departemen, yang bertanggung jawab untuk jenis komunikasi, atau mereka menyewa perusahaan spesialis bekerja untuk mereka dengan cara ini. Beberapa perusahaan memiliki spesialis sebagai bagian dari divisi ini yang bertanggung jawab untuk hubungan investor.

8.Presentasi
Banyak organisasi bisnis secara teratur menggunakan presentasi. Presentasi menjelaskan subjek kepada orang lain, baik dalam perusahaan atau eksternal penonton.

Presentasi sering termasuk verbal dan informasi visual, seperti penjelasan dan grafik, gambar dan bahkan video.

Ada banyak alasan mengapa perusahaan menggunakan presentasi. Beberapa alasan utama adalah:

* Untuk menjual produk atau jasa kepada calon klien baru, mungkin sebagai respons terhadap RFP (request for proposal).
* Untuk menunjukkan hasil kerja perusahaan kepada klien
* Untuk menjelaskan sesuatu yang baru untuk klien atau staf

Presentasi ini dimaksudkan untuk ditampilkan dalam rapat, dan karena itu dirancang untuk menampilkan informasi dengan cara yang mudah untuk diingat. Sering kali ini berarti mengambil informasi rinci dan mengurangi kata-kata untuk menggambarkan unsur-unsur yang paling penting informasi tersebut. Ini adalah keterampilan khusus yang akan Anda pelajari nanti pada kursus.

9.Iklan dan materi pemasaran
Perusahaan perlu untuk menjelaskan kepada orang lain siapa mereka, apa yang mereka lakukan dan apa produk dan jasa yang mereka tawarkan. Mereka melakukan ini dengan menggunakan iklan dan materi pemasaran.

Iklan dan materi pemasaran adalah informasi yang dirancang bagi perusahaan untuk menunjukkan manfaat dari produk dan layanan itu. Mereka dapat mengambil banyak bentuk. Iklan tampil di televisi, di bioskop, di radio, di majalah dan surat kabar, online dan di papan besar di gedung dan di pinggir jalan. Menyerupai materi pemasaran iklan di bahwa mereka melakukan fungsi yang sama, tetapi mereka dapat ditargetkan untuk kelompok masyarakat tertentu.

Iklan dan materi pemasaran sering singkat, dan menggabungkan unsur verbal dan visual. Sering kali mereka hanya menyertakan paling mendasar dan informasi penting karena mereka dirancang untuk dapat dibaca dengan sangat cepat. Fungsi mereka adalah untuk menarik perhatian orang untuk sebuah perusahaan atau nama produk, sehingga mereka ingat dan memilih ketika mereka membutuhkan sesuatu yang ditawarkan perusahaan. Jadi misalnya, bila orang ingin minuman berkarbonasi, mereka akan ingat iklan-iklan mereka dilihat oleh Coca-Cola dan mereka dapat mencari untuk membeli produk, atau jika mereka sedang mempertimbangkan untuk membeli ponsel baru mereka mungkin berpikir dari Apple's iPhone, yang telah banyak diiklankan di seluruh dunia.

Membaca tambahan
Bisnis melibatkan interaksi dari berbagai fungsi, dan perusahaan yang berisi orang-orang dan departemen (atau divisi) yang melakukan pekerjaan yang berbeda untuk memungkinkan tiap bisnis untuk beroperasi.

Klik pada link berikut:
http://www.englishclub.com/business-english/vocabulary_company.htm

Catatan dan belajar definisi dari kata-kata yang tercantum. Mereka akan membantu Anda memahami benar bahasa Inggris untuk perusahaan yang berbeda fungsi dan peran fungsi yang berbeda ini.

Ada banyak berbagai jenis bisnis, dari pertanian ke industri, dari medis dan ilmiah untuk kreatif, dan banyak lagi. Masing-masing memiliki spesialisasi mereka sendiri kosakata yang akan Anda pelajari ketika Anda memasuki pekerjaan tertentu dan industri. Kata-kata dalam daftar ini adalah yang paling relevan dengan bisnis.