Laman

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 16 Januari 2010

BLM PNPM Jateng sebesar Rp 1,24 Triliun

Menko Kesra menyerahkan BLM PNPM Jateng sebesar Rp 1,24 Triliun
Oleh: khoiril anwar
Rabu, 11 November 2009

Dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri tahun 2010 berupa bantuan langsung masyarakat (BLM) yang digelontorkan ke Jateng mencapai Rp 1,243 triliun. Alokasi tersebut meningkat dibandingkan tahun 2009 yakni sekitar Rp 1,1 triliun. Hal itu dikemukakan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono di Semarang, Jateng, Senin (9/11).

Dia mengatakan, peningkatan alokasi anggaran tersebut diharapkan dapat mempercepat penanggulangan kemiskinan. Kenaikan dana juga terjadi di daerah lain. ’’Selain PNPM, alokasi KUR (kredit usaha rakyat) secara nasional tahun 2010 juga meningkat. Pemerintah mengalokasikan sekitar Rp 20 triliun,’’ ungkapnya.

Agung yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar itu mengatakan, untuk penanggulangan kemiskinan ada tiga klaster, yakni dalam bentuk bantuan sosial yang sudah berjalan, seperti beras miskin. Selain itu, program 20 ribu beasiswa mahasiswa berprestasi dan keluarga miskin seperti jaminan sosial kesehatan masyarakat (jamkesmas), serta bantuan operasional sekolah.

’’PNPM dan KUR diharapkan mampu menggerakkan perekonomian, sehingga jumlah warga miskin semakin menurun. Target selama lima tahun turun dari 14,2 persen secara nasional menjadi 8 persen,’’ terangnya.

Bencana alam

Dia mengatakan, pihaknya memang akan lebih menekankan pada upaya pemberdayaan masyarakat.

Menyinggung soal program 100 harinya, Agung Laksono mengatakan, telah menyiapkan tenaga penanggulangan bencana alam, yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dengan demikian, begitu ada bencana tidak perlu menunggu waktu satu hari atau dua hari, tetapi tim dalam waktu cepat sudah sampai di lokasi kejadian. Tim tersebut akan dibagi dalam tiga titik, yakni berada di barat, tengah, dan timur Indonesia. ’’Tim tersebut secara terpadu bergerak ke daerah bencana, seperti bencana banjir, gempa bumi, dan lainnya,’’ ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar