Laman

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 16 Januari 2010

Boediono menilai PNPM Mandiri : BERJALAN BAIK

4 Jan 2010 13:13
Wapres Sebut Proyek PNPM di Minut Contoh Baik
Wapres mencontohkan proyek pengadaan air bersih PNPM-Perdesaan di Minut yang murah tapi bermanfaat sebagai keberhasilan PNPM.

Wakil Presiden RI Boediono mengatakan secara keseluruhan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) berjalan dengan baik, di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya setelah melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah, termasuk Manado dan Gorontalo, Selasa (29/12), untuk melihat langsung perkembangan PNPM Mandiri disana.

Ia mencontohkan salah satu proyek hasil PNPM yang berhasil yakni pengadaan air bersih di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, yang hanya menelan dana sekitar 300 juta rupiah. "Dengan dana kecil, proyek tersebut bermanfaat bagi sekitar tiga ribu warga atau 900 Kepala Keluarga di wilayah tersebut," katanya saat berkunjung ke gudang silo jagung di Pulubala, Gorontalo, sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (29/12).

Proyek air bersih yang disebut-sebut Wapres itu terletak di lokasi PNPM-Perdesaan, tepatnya desa Kema III, kec. Kema, Minahasa Utara. Ia berharap hal yang sama juga terjadi di daerah lain, sehingga PNPM Mandiri bisa dinikmati langsung oleh warga yang membutuhkan. Wapres juga meminta proyek yang dihasilkan oleh program tersebut, harus benar-benar bersifat mendesak dan mengakomodir kebutuhan orang banyak.

Proyek rumah layak huni atau mahyani, menurut dia kurang cocok dipakai dalam PNPM karena hanya berguna untuk satu keluarga saja. "Jadi, saya meminta mahyani jangan dipaksakan masuk ke dalam PNPM, dan harus dicari jalan lain untuk mewujudkan itu," tukasnya.

Boediono berjanji pemerintah akan tetap melanjutkan program tersebut, bila selama dua tahun kedepan berjalan dengan baik. Dalam kunjungannya ke gudang jagung Gorontalo, orang nomor dua di Indonesia tersebut menyerahkan dana PNPM untuk Provinsi Gorontalo sebesar 144 miliar rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar